Lyon Rekrut Messi Alpen Untuk Perkuat Timnya

Jika Paris Saint-Germain (PSG) memiliki Lionel Messi yang direkrut dari Barcelona, maka Lyon sukses mendapatkan Xherdan Shaqiri yang dijuluki ‘Messi dari Alpen’.

Lyon sukses mendapatkan Shaqiri dari Liverpool setelah menyelesaikan transfer sebesar €6 juta atau setara Rp101 miliar. Lyon mengontrak Shaqiri hingga 2024.

Dalam konferensi pers saat diperkenalkan sebagai pemain Lyon, Shaqiri mengaku tidak sabar memulai karier di Liga Prancis. Kehadiran Messi di PSG membuat mantan pemain Bayern Munchen itu semakin semangat untuk bersaing memperebutkan gelar Ligue 1.

“Saya harus langsung bergabung di latihan bersama tim agar dengan cepat mengenal rekan setim saya. Ligue 1, dengan kedatangan Messi, menjanjikan persaingan gelar juara yang sengit. Itu pasti,” ujar Shaqiri dikutip dari RSI.

Shaqiri dijadwalkan menghadapi Messi saat Lyon bertandang ke markas PSG, Parc des Princes, pada 19 September mendatang. Shaqiri mengaku tidak sabar memberi gelar untuk Lyon.

“Saya masih lapar. Saya ke sini untuk merebut gelar. Saya menyukai proyek tim dan saya menghargai pelatih baru Peter Bosz. Kedekatan [Prancis] dengan Swiss juga menjadi salah satu alasan,” ucap Shaqiri.

Shaqiri direkrut Lyon bersamaan dengan Emerson Palmieri, yang dipinjam dari Chelsea. Presiden Lyon Jean-Michael Aulas mengaku sudah memantau permainan Shaqiri sejak timnas Swiss mengalahkan Prancis di Euro 2020.

“Saya ada di pertandingan Euro 2020 antara Prancis vs Swiss, dan dia benar-benar melukai hati kami malam itu. Tapi, pertandingan itu membuat kami semakin yakin merekrut Shaqiri,” ucap Aulas.

“Jika Shaqiri tidak mau datang ke sini, mungkin kami tidak akan mau menjalani negosiasi yang rumit dengan Liverpool,” sambung Aulas.

Shaqiri lebih sering duduk di bangku cadangan sejak direkrut Liverpool dari Stoke City pada 2018. Olympique Lyon resmi merekrut Xherdan Shaqiri dari Liverpool. Penyerang lincah asal Swiss itu sempat disemati julukan Messi dari Alpen.

Pada Senin 23 Agustus 2021 kontestan Ligue 1, Olympique Lyon mengumumkan telah resmi mendapatkan servis Si Messi dari Alpen, Xherdan Shaqiri.

Shaqiri direkrut Lyon dari Liverpool dengan biaya transfer sebesar 6 juta euro dan dipagari kontrak sampai 2024.

Shaqiri diproyeksikan mengisi kekosongan di lini depan Lyon sepeninggal Memphis Depay ke Barcelona. Alhasil, Ligue 1, kompetisi kasta teratas Liga Perancis pun kini memiliki dua Lionel Messi. Kok bisa?

Messi yang pertama tentu adalah yang asli milik Paris Saint-Germain (PSG). Penyerang beralias La Pulga tersebut direkrut PSG secara gratis usai tak menemui kesepakatan kontrak baru bersama klub lamanya, Barcelona, pada musim panas ini.

Messi kedua tak lain adalah Shaqiri. Pada awal kariernya, Shaqiri yang sekarang berusia 29 tahun sempat dijuluki sebagai “Messi des Alpes” alias Messi dari Alpen.

Julukan tersebut merujuk kepada postur dan kaki kidal Shaqiri yang mengingatkan orang kepada Messi. Soal postur, Messi dan Shaqiri memang identik. Keduanya memiliki tinggi badan 169 cm.

Sementara Alpen menandakan asal Shaqiri yang berpaspor Swiss. Gugusan pegunungan Alpen merupakan salah satu lanskap ternama di Swiss. Namun, terkait perbendaharaan trofi, Messi jelas unggul jauh dari Shaqiri.

Selama membela Barcelona, Messi telah memenangi 35 gelar juara, termasuk 4 titel Liga Champions dan 10 trofi LaLiga.

Jumlah gelar total Shaqiri selama memperkuat empat klub, yakni Basel, Bayern Muenchen, Inter Milan, Stoke, dan Liverpool adalah 18.

Shaqiri sempat memenangi dua titel Liga Champions bersama Bayern (2012-2013) dan Liverpool (2018-2019) kendati namanya tak selalu tertera di susunan pemain utama.

Selain jumlah trofi, aspek lain yang sangat membedakan Messi asli dengan “Sang Messi dari Alpen” adalah gaji.

Menurut laporan L’Equipe, Shaqiri akan menerima insentif sebesar 4,2 juta euro (sekitar 71 miliar rupiah) per musim di Lyon. Ia merupakan pemain Lyon dengan gaji tertinggi.

Walau begitu, jumlah gaji Shaqiri nyaris 10 kali lipat lebih kecil dari nominal yang diterima Messi di PSG.

Seperti yang diwartakan sejumlah surat kabar Negeri Mode, Messi mendapatkan gaji bersih senilai 40 juta euro (sekitar 677 miliar per tahun) di PSG.

Artikel yang Direkomendasikan